Sabtu, 16 Februari 2013

Ternyata sayuran tak hanya mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Buktinya sebuah studi baru menemukan bahwa sayuran juga dapat meningkatkan selera makan seseorang.

Menurut tim peneliti dari Cornell University, AS ini, memasukkan sayuran ke dalam menu utama juga dapat mendorong seseorang percaya bahwa makan malamnya terasa enak.

Bahkan hanya dengan menyajikan sayuran untuk makan malam membuat seseorang menganggap bahwa orang yang menyajikannya atau tuan rumah adalah orang yang lebih bijaksana dan penuh perhatian.

Sayangnya menurut survei dari National Diet and Nutrition, hanya satu dari 10 anak di Inggris yang benar-benar menjalankan rekomendasi pemerintah untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap harinya.

"Di Amerika, hanya 23 persen masyarakat yang menyediakan sayuran sebagai menu makan malam. Itu berarti kita perlu menemukan sejumlah motivasi baru untuk mendorong orangtua agar menyajikan sayuran sebagai komposisi utama dari menu makan di rumah," ungkap ketua tim peneliti, Brian Wansink yang juga seorang profesor di bidang pemasaran dan perilaku konsumen dari Cornell University.

Untuk itu, studi yang dipublikasikan dalam jurnal Public Health Nutrition ini melibatkan 500 responden ibu-ibu yang memiliki sedikitnya dua anak berusia di bawah 18 tahun dan tinggal serumah.

Si anak diminta untuk menilai rasa dari empat menu makanan yang sebagian ditambahi sayuran dan sebagian lagi tidak. Mereka juga diminta mendeskripsikan orang-orang yang mempersiapkan dan menyajikan makanan itu lalu mengidentifikasi sayuran favorit mereka dan penyajian seperti apa yang mereka sukai untuk sayuran itu.

Hasilnya, dari keempat makanan yang disajikan, penambahan sayuran ternyata memang dapat meningkatkan respons positif si anak sehingga menu yang disajikan terlihat lebih 'komplet', 'menyenangkan', 'enak' dan dipersiapkan dengan penuh pertimbangan.


Pertanyaan peneliti tentang sayuran favorit partisipan juga mengungkapkan keragaman preferensi si anak, sekaligus mengindikasikan bahwa hampir semua anak memiliki sedikitnya satu jenis sayuran yang paling mereka sukai.

"Temuan ini memperkuat konsep bahwa sayuran membuat menu makanan yang disajikan menjadi lebih menarik. Lagipula kalau hanya mengatakan bahwa sayuran itu baik untuk kesehatan saja mungkin takkan cukup. Menunjukkan bahwa sayuran adalah penambah kenikmatan makan malam juga bisa jadi strategi yang efektif," terang Profesor Wansink seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (21/11/2012).

Wansink juga merekomendasikan penambahan ragam sayuran yang ditawarkan pada anak-anak dan merubah menu sesuai usia si anak.

"Jika orang tua tahu bahwa menambahkan sayuran pada menu makan malam dapat membuat menu itu terlihat lebih menggugah selera atau menarik serta mendorong keluarga mereka untuk memiliki persepsi yang lebih baik tentang apa yang mereka konsumsi maka mungkin mereka akan lebih terinspirasi untuk menyajikan sayuran," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih anda sudah mengunjungi blogg saya.. kunjungi balik setiap saat ya gan :)

Mengenai Saya

Foto saya
TAK ADA PERJUANGAN TANPA MIMPI

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Translate

Popular Posts