Jumat, 19 Oktober 2012

 
Paris (AFP/ANTARA) - Para ilmuwan behasil menggunakan racun dari ular berbahaya mamba hitam untuk memproduksi penghilang rasa sakit tanpa efek racun kepada tikus, dan diharapkan dapat diterapkan kepada manusia.

Peneliti Prancis menulis di jurnal Nature pada Rabu kalau peptida yang diambil dari racun mamba hitam mungkin bisa menjadi pengganti penghilang rasa sakit yang lebih aman dari pada morfin.

Setidaknya dalam percobaan atas tikus, peptida memotong reseptor di otak yang ditargetkan oleh morfin dan senyawa opioid lain yang kadang menimbulkan efek samping seperti kesulitan bernapas dan mual.

Peptida mamba hitam juga tidak memiliki risiko kecanduan atau penyalahgunaan obat-obatan.

"Kami sudah mengidentifikasi peptida baru yang alami, mambalgins, dari racun ular Mamba Hitam yang secara signifikan bisa mengurangi rasa sakit di tikus tanpa efek racun," ujar salah satu peneliti Anne Baron dari lembaga penelitian nasional Prancis kepada AFP.

"Sangat luar biasa bahwa hasil ini bisa didapat dari racun mematikan salah satu jenis ular paling beracun," ujarnya.

"Mengejutkan ternyata mambalgins, yang mewakili kurang dari 0,5 persen dari isi total protein racun, memiliki sifat analgesik (penghilang rasa sakit) tanpa efek racun kepada tikus, padahal total racun mamba hitam sangat mematikan dan salah satu yang paling beracun."

Morfin sering dianggap sebagai obat terbaik untuk mengurangi rasa sakit dan penderitaan, tapi memiliki beberapa efek samping dan bisa menimbulkan kecanduan.

Racun mamba hitam adalah salah satu yang paling cepat bereaksi dari berbagai jenis racun ular, dan gigitannya bisa berakibat fatal bila tidak diobati dengan penawar racun, racun menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan kelumpuhan pernapasan.

Tikus adalah salah satu buruan favorit jenis ular itu di alam liar di timur dan selatan Afrika.

Para peneliti yakin peptida akan bekerja di tubuh manusia "dan kandidat pengilang rasa sakit yang sangat menarik," tapi masih banyak yang harus dilakukan.

Hak paten sedang diurus dan perusahaan farmasi sedang mengamati kemungkinan penggunaan racun mamba hitam sebagai penghilang rasa sakit, ujar Baron. (pt/ml)

0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih anda sudah mengunjungi blogg saya.. kunjungi balik setiap saat ya gan :)

Mengenai Saya

Foto saya
TAK ADA PERJUANGAN TANPA MIMPI

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Translate

Popular Posts