Selasa, 12 Februari 2013

Setiap hari manusia menggunakan indra perasa yang terletak di lidah untuk mengecap rasa makanan. Ada kalanya fungsi pengecapan ini terganggu. Apabila ketika minum air putih jadi terasa berbau logam atau tidak enak, penyebabnya bisa bermacam-macam.

Adanya rasa logam di mulut merupakan salah satu gejala dysgeusia, yaitu kelainan yang terjadi pada indra perasa. Beberapa orang yang mengalami dysgeusia terkadang mengalami perubahan sensasi bau. Penyebabnya karena sensasi rasa dan bau sebenarnya saling berhubungan.

Seperti dikutip dari Live Strong, Senin (11/2/2013), beberapa penyebab munculnya rasa logam di mulut adalah sebagai berikut:
1. Obat-obatan
Obat adalah penyebab utama munculnya rasa logam di mulut. Ada banyak obat yang memiliki efek samping ini, yaitu antibiotik, obat penyakit jantung dan tekanan darah, obat anti kanker, obat tiroid hiperaktif, obat arthritis, obat diabetes, obat mual, obat glaukoma, obat osteoporosis, obat tidur dan obat lainnya.

2. Penyakit mulut dan gigi
Gangguan pada mulut dan gigi dapat mengubah indera perasa. Penumpukan plak, gingivitis, periodontitis, kerusakan gigi dan abses dapat menghasilkan rasa tidak enak di mulut yang muncul sebagai rasa logam. Infeksi sinus atau penyakit yang menyebabkan mulut kering juga terkadang menyebabkan lidah berasa logam.

3. Penyakit sistemik
Penyakit sistemik yang dapat menyebabkan rasa logam di mulut adalah kanker, hiperparatiroidisme, gagal ginjal, diabetes, sindrom Sjogren, sarkoidosis, amiloidosis, kekurangan vitamin B-12 dan mineral seng.

4. Gangguan sistem saraf
Gangguan sistem saraf dapat menimbulkan gangguan rasa. Penyebabnya mungkin terletak di otak atau sepanjang saraf tepi yang mengontrol indra rasa dan bau. Karena sensasi rasa dan bau saling melengkapi satu sama lain, gangguan yang terjadi pada indra penciuman mungkin dianggap sebagai kelainan oleh indra perasa.

5. Kehamilan
Fluktuasi tingkat hormon saat kehamilan diyakini dapat memunculkan sensasi rasa logam, terutama selama trimester pertama kehamilan.

7. Keracunan makanan laut
Mengkonsumsi ikan yang sudah busuk, terutama ikan berdaging gelap seperti tuna, makerel, bonito dan mahi mahi, dapat menyebabkan munculnya rasa logam di mulut untuk sementara. Jenis keracunan seperti ini disebut dengan keracunan ikan Scombroid atau histamin.

8. Alergi
Alergi diketahui dapat menyebabkan munculnya rasa logam di mulut. Gangguan ini dapat disebabkan oleh pengaruh yang terjadi secara langsung pada hidung, misalnya hidung jadi berair atau tersumbat. Pelepasann histamin yang diakibatkan reaksi alergi juga bisa memicu munculnya sensasi ini.

9. Menghirup zat
Bahan kimia yang terhirup selama jangka waktu lama juga dapat menyebabkan munculnya rasa logam. Misalnya bahan kimia seperti benzena, hidrazin, bensin, debu karet, kromat dan kobalt. Merokok juga dapat menyebabkan munculnya rasa logam di mulut.








0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih anda sudah mengunjungi blogg saya.. kunjungi balik setiap saat ya gan :)

Mengenai Saya

Foto saya
TAK ADA PERJUANGAN TANPA MIMPI

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Translate

Popular Posts