Senin, 05 November 2012

 

Kadang keringat yang dikeluarkan oleh setiap orang berbeda-beda. Tapi jika seseorang memiliki tubuh yang fit, maka keringat yang keluar dari tubuhnya cenderung sedikit.

Keringat adalah salah satu cara tubuh untuk mendinginkan dirinya sendiri dan mempertahankan suhu tubuh yang sehat. Setiap orang dilahirkan dengan memiliki 2-4 juta kelenjar keringat.

Umumnya perempuan memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak dari laki-laki, namun pada laki-laki kelenjar ini cenderung lebih aktif. Karena itu tak jarang bau badan lebih sering ditemukan pada kaum laki-laki.

Namun jika seseorang memiliki tubuh yang fit dan bugar maka keringatnya akan lebih efisien atau sedikit, serta ketika berolahraga akan cepat berkeringat ketika suhu tubuhnya sudah menurun, seperti dikutip dari Fitsugar, Kamis (1/11/2012).

Selain itu pada orang yang kerjanya jarang bergerak atau hanya duduk saja cenderung untuk berkeringat lebih banyak, termasuk pada orang yang memiliki kelebihan berat badan akan berkeringat lebih banyak karena itu bertindak sebagai insulator lemak untuk meningkatkan suhu tubuh.

Ketika beraktivitas seperti misalnya olahraga, darah akan didorong melalui kapiler yang ada di kulit dan nantinya akan didinginkan melalui penguapan keringat yang muncul di kulit.

Namun pada orang hiperhidrosis cenderung menghasilkan keringat berlebih terutama di tangan, kaki, punggung dan wajah, bahkan ketika udara tengah dingin atau tidak bergerak sama sekali. Jika ini sudah mengganggu sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Keringat yang keluar dari tubuh berasal dari 2 kelenjar, yaitu kelenjar eccrine dan kelenjar apokrin. Keringat dari kelenjar eccrine berfungsi mendinginkan dan sebagian besar terdiri dari air, garam dan sedikit elektrolit.

Sedangkan keringat dari kelenjar apokrin biasanya dipicu oleh emosi seperti gugup atau stres dan letaknya di ketiak, kulit kepala dan pangkal paha. Ketika berada di bawah tekanan, kelenjar ini akan mengeluarkan keringat dan bakteri mencernanya sehingga dapat menyebabkan bau badan.

0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih anda sudah mengunjungi blogg saya.. kunjungi balik setiap saat ya gan :)

Mengenai Saya

Foto saya
TAK ADA PERJUANGAN TANPA MIMPI

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Translate

Popular Posts