Selasa, 20 November 2012


Beberapa penyakit tertentu identik dengan wanita karena lebih sering dialami kaum hawa. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari masalah hormon hingga psikis. Tapi ternyata, beberapa penyakit khas wanita juga dapat menyerang pria.

Penyakit khas wanita yang menyerang pria ini memang tak banyak, kasusnya juga masih terhitung amat jarang. Wanita lebih mau membicarakan kondisi kesehatannya dengan dokter sehingga berhasil menyelamatkan jutaan nyawa. Pada pria, kesadarannya belum begitu tinggi.

Seperti dikutip dari Body and Soul,penyakit tersebut antara lain:

1. Kanker payudara

Meskipun jarang ditemui pada pria, kanker payudara juga dapat menyerang dengan kemungkinan hanya 1 persen. Penyakit ini bisa sama mematikannya seperti halnya kanker payudara pada wanita jika tidak ditangani.

Gejala kanker payudara pada pria adalah lepasnya puting, perubahan penampilan puting, rasa nyeri pada puting dan kelenjar getah bening di ketiak. Karena kebanyakan pria tidak menyadari perubahan jaringan payudaranya terkait dengan kemungkinan kanker, sebagian besar pria baru mencari bantuan dokter bila penyakit ini sudah beranjak parah.
2. Fibromyalgia
Penyakit yang akrab disebut pegal linu ini ditandai dengan rasa nyeri pada sendi, otot, tendon dan jaringan lunak lain. Penyakit ini 9 kali lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria. Gejala lainnya pada pria adalah otot jadi sangat sensitif terhadap tekanan, rasa terbakar pada kulit dan badan terasa lelah. Kebanyakan pria mendiamkan penyakit ini karena stereotip bahwa pria lebih kuat dibanding wanita.


3. Infeksi Jamur Kelamin

Biasanya yang sering mengidap penyakit ini adalah wanita karena organ kewanitaan yang lembab dan mengeluarkan darah mens. Namun faktanya ada juga pria yang penisnya terkena infeksi kelamin. Gejalanya adalah iritasi, rasa terbakar, gatal, kemerahan atau bintik-bintik kecil dan bau tak sedap.

Kebanyakan pria merasa malu mencari pertolongan dokter saat mengidap penyakit ini. Selain karena identik dengan wanita, penyakit ini juga lekat dengan anggapan sering 'jajan' atau melakukan hubungan seks berisiko. Penyakit ini tak selalu disebabkan oleh kurangnya kebersihan, tapi sistem kekebalan tubuh dan diabetes juga dapat mempengaruhi.
4. Depresi Setelah Melahirkan
Menurut penelitian di Australia, sebanyak 10 persen ayah baru mengidap depresi pasca melahirkan. Meskipun yang melahirkan adalah sang ibu, ayah juga bisa mengalami depresi, terutama yang baru pertama kali menjadi orang tua. Penyebabnya karena kewalahan oleh tanggung jawab sebagai ayah, kurang tidur dan tuntutan mempelajari keterampilan baru sebagai orang tua.

Gejala depresi pasca melahirkan pada pria adalah sulit menerima kritik, murung, enggan bersosialisasi dan kehilangan minat dalam kegiatan yang dulu dianggap menyenangkan seperti seks atau olahraga.
5. Human Papillomavirus (HPV)
Virus ini dikenal sebagai penyebab 70 persen kasus kanker serviks dan dapat dicegah dengan vaksinasi. Ternyata pria juga bisa mendapatkan manfaat dari vaksinasi HPV sebab dapat mencegah 90 persen munculnya kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV. Tujuannya adalah untuk melindungi pasangan di kemudian hari sebab virus ini tidak menampakkan gejala dan memerlukan waktu puluhan tahun untuk berkembang setelah menginfeksi.





0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih anda sudah mengunjungi blogg saya.. kunjungi balik setiap saat ya gan :)

Mengenai Saya

Foto saya
TAK ADA PERJUANGAN TANPA MIMPI

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Translate

Popular Posts