Rabu, 05 Juni 2013


Jangan pernah sepelekan demam pada anak. Demam memang salah satu penyakit yang sering diderita anak sejak bayi, namun jangan sampai orang tua lengah. Pertolongan pertama yang tepat pada demam anak akan sangat membantu penyembuhannya.

Menurut dr Tjatur Kuat Sagoro, SpA dokter Anak dari RS Persahabatan pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada anak adalah dengan melonggarkan baju anak dan berikan suasana yang lebih enak. "Lalu kompres dengan air hangat, harus dengan air hangat. Setelah dikompres tentu harus diberi obat," ujar dr Tjatur saat berbincang dengan detikhealth, dan ditulis pada Rabu (5/6/2013).

Tetapi memberikan obat pada anak juga tak boleh sembarangan. Saat ini banyak orang tua yang dengan mudah memberikan obat warung pada anak-anaknya, padahal obat warung tanpa resep yang sesuai belum tentu baik untuk anak.

Selanjutnya, menurut dr Tjatur obat yang diberikan haruslah obat yang terkenal, seperti parasetamol itu masih diperbolehkan. Kemudian, ia menambahkan sebaiknya untuk dosis obat disesuaikan dengan berat badan anak dan bukan sesuai usianya seperti yang banyak tercantum di kemasan obat-obatan.

"Kalau berdasarkan usia itu sebenarnya kurang tepat. Tapi, pada prinsipnya kalau panas tidak terlalu tinggi tidak apa-apa asal jangan mendekati 40 derajat," ucapnya.

Menurut Tjatur, jika demam anak mendekati 40 derajat tentu akan berbahaya sehingga sebaiknya dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Pengukuran panas yang paling tepat sebenarnya dilakukan melalui dubur, tetapi kalau tidak bisa ditambahkan setengah derajat dari suhu pengukuran, misal 39,5 derajat itu berarti jika ditambahkan setengah suhunya sudah mencapai 40 derajat," jelasnya.

Oleh sebab itu, sangat disarankan pada orang tua jika anak mengalami demam tinggi untuk segera membawanya ke dokter dan melakukan pemeriksaan. Khususnya apabila demam yang dialami anak sudah lebih dari 3 hari karena dikhawatirkan anak dapat terkena penyakit berbahaya seperti demam berdarah.

Lebih cepat diketahui, maka akan semakin cepat pula penyebab demam pada anak diatasi.

0 komentar:

Posting Komentar

trimakasih anda sudah mengunjungi blogg saya.. kunjungi balik setiap saat ya gan :)

Mengenai Saya

Foto saya
TAK ADA PERJUANGAN TANPA MIMPI

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Translate

Popular Posts